Senin, 19 Agustus 2019

Pertemuan ke 6                                                                                                                                      KD 3-2 -4.2
Jumlah Pertemuan 3 X 3 JP
Materi :  Perubahan Sosial  Yang Disebabkan oleh Perubahan Sosial ditengah-tengah Pengaruh    Globalisasi.

Kls 12 IPS 2

      Beberapa Upaya Untuk Menghadapi Globalisasi

Globalisasi membawa dampak positif dan negatif pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Pada setiap aspek yang terpengaruh oleh arus globalisasi, selalu memunculkan kedua dampak tersebut, baik secara positif maupun negatif. 
Lalu, upaya apa yang harus dilakukan oleh negara juga kita sebagai masyarakat dalam menghadapi dan menyikapi dampak-dampak globalisasi dengan baik?

      UPAYA MENGHADAPI GLOBALISASI DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Globalisasi faktanya membawa dampak yang besar bagi kehidupan kelompok masyarakat juga pada setiap individu. Kenapa bisa begitu? Karena di era globalisasi seperti sekarang, seorang remaja seperti kalian dapat dengan mudah mengakses berita-berita, musik, film, dan gaya hidup masyarakat di negara lain melalui internet. Percepatan dan keterbukaan arus informasi inilah yang kemudian mengubah gaya hidup dan cara pandang seseorang.

Globalisasi membawa masyarakat pada keadaan culture shock atau gegar budaya, di mana masyarakat dalam keadaan tidak siap atau terkejut dengan kebudayaan baru yang masuk di kehidupan sehari-hari mereka. Akibatnya, kebiasaan-kebiasaan dan norma-norma lama yang berlaku mulai pudar karena masuknya budaya asing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar