Senin, 19 Agustus 2019

g disebabkan oleh perubahan sosial ditengah-tengah pengaruh globalisasi

Pertemuan ke 5                                                                                                                                       KD 3-2 -4.2
Jumlah Pertemuan 3 X 3 JP
Materi :  Perubahan Sosial  Yang Disebabkan oleh Perubahan Sosial ditengah-tengah Pengaruh    Globalisasi.
Kls XII IPS 1

Dampak Positif 
1.munculnya nilai dan norma baru yang lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.
Contohnya adalah munculnya UU No. 21 Tahun 2007 yang membahas tentang perdagangan manusia. Perdagangan manusia sendiri mulai marak akhir-akhir ini, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara lain.
2.berkembangnya lembaga-lembaga sosial baru.
                          Teknologi berperan penting dalam kehidupan sehari-hari    





 Dampak Negatif
1 .Disorganisasi sosial.    Konsep disorganisasi sosial  merupakan proses melemahnya nilai dan norma dalam suatu masyarakat akibat terjadinya perubahan.
2.Cultural Shock atauguncangan budaya. Yang dimaksud dengan cultural shock
adalah kondisi ketika masyarakat mengalami kaget karena belum siap menerima perubahan.
Perubahan yang dimaksud di sini adalah perubahan yang disebabkan akibat adanya unsur-unsur kebudayaan asing yang berbeda dengan kebudayaan sendiri. Dampak terburuk dari cultural shock adalah ketertinggalan kondisi dan bisa menyebabkan terjadinya masalah sosial.

3.Cultural Lag .kesenjangan budaya merupakan ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan akibat terjadinya perubahan serta pergeseran kebudayaan. Cultural lag juga dapat terjadi jika terjadinya perbedaan taraf kemajuan antara berbagai daerah dalam suatu kebudayaan.

Contoh cultural lag antara lain keberadaan bus khusus yang sebenarnya ditujukan untuk mengurai masalah kemacetan di ibukota, namun justru menambah kemacetan. Hal ini disebabkan karena banyak kendaraan bermotor yang menerobos masuk jalur khusus bus tersebut. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pembaharuan transportasi publik di ibukota tidak diimbangi dengan kesadaran bertransportasi dan disiplin berlalu lintas.
                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar