Senin, 19 Agustus 2019

Fungsi Sosiologi Untuk Mengkaji Gejala Sosial di Masyarakat

Pertemuan ke 5
Kls 10 ips 3
mater :
 Fungsi Sosiologi Untuk Mengkaji   Gejala Sosial di Masyarakat

Sosiologi merupakan salah satu bidang ilmu sosial yang mempelajari masyarakat. Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi memiliki ciri-ciri utama yaitu empiris, teoretis, kumulatif, nonetis.  

 Ciri-Ciri utama Sosiologi adalah sebagai berikut : 
  • Empiris, artinya ilmu pengetahuan yang didasari pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat serta hasilnya tidak bersifat spekulatif atau menduga-duga.
  • Teoritis, artinya suatu ilmu pengetahuan yang selalu  berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil pengamatan. Abstraksi merupakan kesimpulan logis yang bertujuan menjelaskan mengenai hubungan dari sebab akibat sehingga menjadi teori.
  • Kumulatif, artinya disusun atas dasar teori-teori yang telah ada atau memperbaiki, memperluas, serta Non etis, artinya pembahasan suatu masalah yang tidak mempersoalkan baik atau buruknya masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk memperjelas masalah tersebut secara mendalam.
  Sosiologi memiliki hakikat sebagai suatu ilmu yang dapat dipelajari dan mempunyai metode dalam mepelajaranya, selain metode sosiologi pun dapat dikaji melalui serangkaian pendekatan ilmu sosial lainnya. Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahun adalah sebagai berikut
·         Sosiologi adalah ilmu sosial, hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa sosiologi mempelajari atau berhubungan dengan gejala-gejala kemasyarakatan
·         Berdasarkan penerapannya, sosiologi digolongkan dalam ilmu pengetahuan murni (pure science) dan dapat menjadi ilmu terapan (applied science).
·         Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak dan bukan pengetahuan yang konkret. Artinya, yang menajdi perhatian adalah bentuk dan pola peristiwa dalam masyarakat secara menyeluruh, tidak hanya peristiwa itu sendiri.
·         Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian dan pola manusia dan masyarakatnya. Sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip dan hukum-hukum umum dari interaksi manusia serta bentuk, sifat, isi dan struktur masyarakat. 
      Sosiologi merupakan ilmu umum, bukan khusus, artinya mempelajari gejala-gejala pada interaksi antarmanusia

Ruang lingkup sosiologi merupakan objek kajian yang dipelajari dalam sosiologi. Objek kajiansosiologi sangat luas. ... Beberapa aspek masyarakat yang masuk dalam ruang lingkup sosiologi meliputi interaksi antar individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, dan karakteristik kelompok sosial yang beragam


Sosiologi mempelajari, mengidentifikasi, mengkaji, menyelidiki, dan menginvestigasi pola perilaku manusia dalam hubungannya dengan manusia lain dan lingkungannya. Ruang lingkup ini sangat luas sehingga cukup tersamar dan luas. Sebagaimana yang sudah disampaikan di awal, sosiologi adalah studi tentang masyarakat sehingga masyarakat secara umum menjadi objek kajian 

Ruang lingkup sosiologi secara khusus


Sosiologi mempelajari, mengidentifikasi, mengkaji, menyelidiki, dan menginvestigasi berbagai dimensi sosial kemasyarakatan yang spesifi. Istilah 
keluarga. Sosiologi yang mempelajari hubungan sosial di era digital atau internet, dipelajari dalam sosiologi digital, dan sebagainya.
Dalam dimensi yang spesifik ini, kita bisa menemukan bahwa ruang lingkup sosiologi sangat beragam. dimensi yang spesifik di sini menenkankan pada satu sektor tertentu. Misalnya, sosiologi yang mempelajari hubungan sosial dalam aspek keluarga, dipelajari dalam sosioloTerbukti dari beragamnya subdisiplin sosiologi yang memiliki objek kajiannya masing-masing. Sebagai contoh: sosiologi agama.
mempelajari prinsip dan praktik keagamaan di masyarakat. Sosiologi ekonomi mempelajari hubungan antara ekonomi dan sosial. Sosiologi fashion mempelajari pola konsumsi fashion di masyarakat
Kita bisa menyebutkan lebih banyak lagi sampai tak terbatas. Apa yang ingin saya sampaikan di sini adalah bahwa ruang lingkup sosiologi yang khusus berisi tentang keragaman dimensi atau objek kajian. Sedangkan ruang lingkup sosiologi yang umum adalah masyarakat dan hubungannya dengan manusia lain dan lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar