Senin, 27 Juli 2020

Faktor-faktor yang mempengaruhi Perubahan Sosial

Pertemuan ke 4
Kelas 12 IPS 12 dan 3
Materi                                 Faktor-faktor yang mempengaruhi Perubahan Sosial



Apa saja faktor eksternal yang mempengaruhi perubahan masyarakat?
Apa saja faktor eksternal yang mempengaruhi perubahan masyarakat?
masyarakat?
·         Faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan dan perkembangan kebudayaan masyarakat?

Perubahan Sosial dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya

Manusia adalah makhluk sosial maka tak heran seiring dengan perkembangan zaman yang sangat cepat ini banyak perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Salah satu bukti yang sering dihadapi adalah terjadi pergantian mode pakaian maupun tren gaya hidup seseorang.
Salah satu contoh umum yang terjadi di masyarakat adalah telepon genggam. Dimana, hampir setiap waktu tren model telepon genggam ini selalu muncul yang baru membuat masyarakat tergiur untuk membelinya dan mengikuti tren yang ada.
Perubahan sosial sendiri merupakan perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam masyarakat, yang memengaruhi sistem dalam sosial yang meliputi beberapa aspek seperti sikap, nilai, dan pola perilaku di lingkungan masyarakat. Dimana, perubahan sosial memiliki beberapa karakteristik yaitu:
• Sifat dari masyarakat yang ingin selalu berkembang atau berubah, baik yang terjadi secara cepat atau lambat.
• Perubahan yang ada pada lembaga-lembaga sosial juga terjadi mengikuti pola perubahan sosial yang terjadi di lembaga masyarakat karena mereka merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
• Perubahan yang terjadi pada umumnya berdampak pada disorganisasi, namun hanya bersifat sementara. Dampak tersebut terjadi karena adanya penyesuaian diri terhadap perubahan yang terjadi.
• Tidak ada yang dapat membatasi perubahan dengan bidang spiritual atau kebendaan karena keduanya saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain.
• Sikap dalam menyikapi atau menghadapi perubahan yang terjadi sangat dibutuhkan agar orang tersebut tidak terbawa oleh arus, melainkan dialah yang menentukan kemana arah perubahan yang akan terjadi.

                                       Faktor-faktor yang mempengaruhi

Perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat didorong oleh faktor-faktor tertentu yang memudahkan terjadinya perubahan tersebut. Adapun faktor ini meliputi 4 kategori, yakni faktor internal, faktor eksternal, faktor pendorong, dan faktor penghambat.
                      Macam-Macam Teori dan Bentuk Perubahan Sosial)
Faktor Internal adalah faktor yang melandasi terjadinya suatu perubahan dari dalam diri masyarakat itu sendiri. Faktor internal itu sendiri, meliputi: bertambah atau berkurangnya penduduk, Penemuan – penemuan baru, Pertentangan masyarakat (konflik sosial), Terjadinya pemberontakan atau revolusi.
Faktor Eksternal adalah faktor yang melatarbelakangi terjadinya perubahan sosial dari lingkungan sekitar masyarakat, misalnya lingkungan fisik yang ada di sekitar manusia, Peperangan, dan Pengaruh kebudayaan masyarakat lain.
Faktor Pendorong disini dapat berupa kontak dengan kebudayaan lain, sistem pendidikan formal yang maju, sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan untuk maju, toleransi, sistem pelapisan masyarakat yang terbuka, penduduk yang heterogen, ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu, orientasi ke masa depan, dan adanya nilai bahwa manusia harus berikhtiar untuk memperbaiki hidupnya.
Faktor Penghambat terjadinya perubahan sosial bisa terjadi karena beberapa hal yaitu, lantaran kurangnya hubungan dengan masyarakat lain, perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat, sikap masyarakat yang masih mengagungkan tradisi masa lampau dan cenderung konservatif, adanya kepentingan yang sudah tertanam kuat (vested interest), rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan, prasangka terhadap hal-hal baru atau asing terutama yang datang dari barat, hambatan-hambatan yang bersifat ideologis, kebiasaan tertentu dalam masyarakat yang cenderung sukar diubah karena sudah mendarah daging, dan nilai bahwa hidup pada hakikatnya buruk dan tidak mungkin diperbaiki.

                       Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial
              Faktor pendorong Ada faktor pendorong dalam proses perubahan sosial, yakni
 Faktor Internal Faktor internal dalam terjadinya perubahan sosial meliputi beberapa hal, yakni: Penemuan baru Adanya penemuan baru bisa berdampak pada perubahan sosial bagi masyarakat dan memengaruhi bidang-bidang lain. Penemuan baru mengakibatkan perubahan-perubahan yang menjalar dari suatu lembaga kemasyarakatan ke lembaga kemasyarakatan lain. Dengan penemuan baru tersebut, biasanya orang-orang akan memiliki kesadaran diri akan kekurangan. Itu juga bisa membuat orang memiliki keahlian dengan belajar. Bertambah dan berkurangnya penduduk Bertambah dan berkurangnya penduduk juga memengaruhi perubahan sosial pada masyarakat. Pada bertambahnya penduduk yang sangat cepat akan berdampak menyebabkan terjadi perubahan dalam struktur masyarakat. Baca juga: Perubahan Iklim Kian Ancam Pinus King Billy di Australia, Ini Sebabnya Konflik dalam masyarakat Adanya konflik di masyarakat bisa menjadi penyebab perubahan sosial. Dalam masyarakat terdapat berbagai kelompok dan kepentingan yang berbeda-beda. Itu memiliki potensi terjadinya konflik di masyarakat. Adanya revolusi Munculnya perubahan sosial juga disebabkan adanya revolusi atau pemberontakan di masyarakat. Adanya itu akan menimbulkan kekuatan-keuatan di masyarakat.
 Faktor eksternal Faktor eksternal berasal dari luar masyarakat dan dipengaruhi seperti lingkungan fisik, peperangan, atau pengaruh kebudayaan masyarakat. Berikut beberapa hal yang meliputi faktor eksternal: Lingkungan fisik Faktor lingkungan bisa berdampak pada perubahan sosial. Di mana saat terjadi bencana alam dan masyarakat harus mengungsi dari dari asal menuju tempat baru. Baca juga: Teknologi Ramah Lingkungan: Contoh dan Fungsinya Dalam tempat baru tersebut maka akan melakukan adaptasi dengan lingkungan. Adaptasi tersebut akan berdampak pada perubahan sosial.
, Perubahan lingkungan memacu adaptasi baru. Peperangan Terjadinya peperangan akan berdampak terjadi perubahan sosial pada lembaga kemasyarakatan. Negara yang menang perang, biasanya akan memaksa negara yang kalah dan masyarakatnya untuk mengikuti kebudayaannya untuk menggantikan kebudayaan sebelumnya. Pengaruh kebudayaan lain Kebudayaan lain akan masuk dan memengarugi perubahan sosial dengan adanya perkembangan zaman atau globalisasi
. Faktor penghambat Faktor-faktor yang menghambat terjadinya perubahan di dalam masyarakat sebagai berikut: Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat. Sikap masyarakat yang masih mengagungkan tradisi masa lampau. Adanya kepentingan yang sudah tertanam kuat (vested interest). Rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integrasikebudayaan. Prasangka terhadap hal-hal baru. Hambatan-hambatan yang bersifat ideologis. Adat atau kebiasaan. Nilai pasrah.
 

.PENUGASAN !
1.  
Apa saja faktor eksternal yang mempengaruhi perubahan masyarakat?
2. Apa saja faktor eksternal yang mempengaruhi perubahan masyarakat?
masyarakat?

·      -  Faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan dan perkembangan kebudayaan masyarakat?


              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar