Rabu, 02 September 2020

Individu.kelompok,dan Hubungan Sosial Dalam Masyarakat

Pertemuan ke 2
Kelas 10 IPS 1.2.3
Materi               
                             BENTUK-BENTUK  HUBUNGAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT

             


Bentuk bentuk hubungan sosial dibagi menjadi berbagai macam. Coba sebutkanlah bentuk –bentuk sosial hubungan sosial itu! Bisa kalah menyebutkannya? Jika lupa mari simak pembahasan berikut ini.
Hubungan sosial yang dilakukan membentuk proses sosial. Menurut Gilin proses sosial dibagi menjadi dua yaitu proses sosial asosiatif dan proses sosial disasosiatif. Sebelum kita membahas tentang bentuk interaksi sosial, kita akan membahas pengertian terlebih dahulu hubungan sosial.

                                         Pengertian Hubungan Sosial


Bentuk bentuk hubungan sosial dibagi menjadi berbagai macam. Coba sebutkanlah bentuk –bentuk sosial hubungan sosial itu! Bisa kalah menyebutkannya? Jika lupa mari simak pembahasan berikut ini.
Hubungan sosial yang dilakukan membentuk proses sosial. Menurut Gilin proses sosial dibagi menjadi dua yaitu proses sosial asosiatif dan proses sosial disasosiatif. Sebelum kita membahas tentang bentuk interaksi sosial, kita akan membahas pengertian terlebih dahulu hubungan sosial.

Yaitu hubungan yang dilakukan antara orang perorangan atau orang dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok yang terjalin dengan dinamis.

 Contoh hubungan sosial, kita menjalin hubungan sosial dengan teman-teman kita. Selain itu bentuk hubungan sosial individu dan kelompok dalam masyarakat yaitu masuknya anggota baru di anggota PKK. Hubungan sosial yang terjalin menimbulkan proses sosial.

 Proses dibagi menjadi dua kategori yaitu proses sosial asosiatif dan proses sosial disasosiatif
                                      .

                                          Bentuk Hubungan Sosial      

                                                                        


Asosiatif

Yaitu proses interaksi yang meningkatkan solidaritas anggota kelompok dan menjalin kesatuan. Sehingga menimbulkan jalinan sosial yang erat, saling membutuhkan dan terbentuk kerja sama. Dalam proses asosiatif berbentuk akomodasi, kerja sama dan asimilasi.
Akomodasi
Yaitu proses sosial yang terjadi pada orang perorang atau kelompok yang awalnya bertentangan atau bermusuhan kemudian saling menyesuaikan diri untuk mengatasi kekurangan. Akomodasi merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lain. Tujuan Akomodasi yaitu :
  1. Mencegah meledaknya pertentangan dalam jangka pendek
  2. Memungkinkan terjalinnya kerja sama antar individu atau kelompok
  3. Mengurangi pertentangan antar orang atau kelompok
  4. Sebagai upaya meleburkan antara kelompok sosial yang memiliki perbedaan paham
Kerja Sama
Yaitu proses sosial yang terjadi antar individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Menurut Charles H. Cooley kerja sama akan timbul jika antar individu atau kelompok mempunyai kepentingan yang sama. Dan mempunyai pengetahuan dan pengendalian diri untuk memenuhi kepentingan dengan kerja sama. Timbulnya kerja sama karena beberapa faktor yaitu :
  1. Adanya ancaman dari pihak luar
  2. Mencari keuntungan pribadi
  3. Menolong orang lain
Asimilasi
Yaitu proses sosial yang terjadi antar kelompok masyarakat dengan latar belakang yang berbeda terjalin interaksi dalam jangka waktu yang lama. Namun dengan terjadinya asimilasi, kebudayaan asli akan berubah membentuk kebudayaan baru. Kebudayaan baru ini merupakan hasil penggabungan antara kebudayaan dan masyarakat yang lama dengan yang baru. Jika ada dua kelompok terjalin asimilasi maka batas kelompok akan hilang. Terjadinya asimilasi ini tentu ada faktor yang mendorongnya.
Faktor Pendorong Terjadinya Asimilasi
  1. Sikap menghargai orang asing serta kebudayaannya
  2. Adanya persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan
  3. Adanya musuh dari luar
  4. Sikap toleransi

Diasosiatif

Yaitu proses sosial yang menimbulkan perpecahan atau meregangkan solidaritas suatu kelompok. Proses diasosiatif sendiri dibagi menjadi tiga yaitu persaingan, pertentangan dan kontroversi. Berikut pembahasan masing-masing.
Persaingan
Yaitu suatu sikap untuk memperebutkan suatu posisi atau kedudukan baik yang dilakukan secara pribadi maupun kelompok dan baik dilakukan secara terbuka atau secara sembunyi. Persaingan ini bisa dilakukan secara individu bisa dilakukan secara kelompok. Jika persaingan dilakukan secara tidak sehat justru akan menimbulkan perpecahan, permusuhan sehingga hubungan sosial yang awalnya baik bisa menjadi buruk atau tidak harmonis. Contohnya persaingan kelompok antar perusahaan yang memiliki produk yang sama, perusahaan satu berbuat curang atau ingin menghancurkan perusahaan lain. Maka hubungan sosial yang terjalin tidak akan baik dan menimbulkan permusuhan. Terjadinya persaingan ini akan menimbulkan beberapa akibat yaitu :
  1. Dapat mengubah sikap baik menjadi sikap tidak baik
  2. Dapat mengubah hubungan yang tadinya baik menjadi tidak harmonis
  3. Bisa terjadi kerusakan atau kehilangan nyawa jika terjadi benturan fisik
Pertentangan
Yaitu proses sosial yang terjadi karena adanya perbedaan dari sikap individu, perbedaan antar kebudayaan, perbedaan kepentingan atau terjadi perubahan sosial. Setiap individu memiliki sifat, karakternya masing-masing. Karena perbedaan inilah yang bisa menimbulkan pertentangan. Apalagi jika masing-masing individu merasa benar maka akan terjadi pertentangan atau konflik. Selain itu perbedaan kebudayaan juga menimbulkan pertentangan. Apalagi jika masyarakat memiliki sifat chauvinisme yaitu mengunggulkan kebudayaan mereka dan menganggap kebudayaan lain dibawah mereka. Sikap seperti inilah yang dapat menimbulkan pertentangan.
Kontravensi
Yaitu proses sosial yang berada diantara persaingan dan pertentangan dan menunjukkan sikap ketidaksenangan. Kontravensi sendiri ada beberapa bentuk yaitu kontravensi intensif, kontravensi rahasia, kontravensi taktis, kontravensi umum dan kontravensi sederhana.
Untuk mengetes pemahaman kalian tentang hubungan sosial, coba jawab beberapa pertanyaan dibawah ini.
  1. Sebutkan bentuk hubungan sosial asosiatif dan diasosiatif yang ada di sekitar lingkungan sekitarmu!
  2. Jelaskan bentuk hubungan antara individu dan kelompok menurut versi kalian!

 

                                 "SELAMAT  MENGERJAKAN ''

1 komentar:

  1. Mutia Az Zahra
    X IPS 3
    Individu.kelompok,dan Hubungan Sosial Dalam Masyarakat
    Hubungan sosial yang dilakukan membentuk proses sosial. Menurut Gilin proses sosial dibagi menjadi dua yaitu proses sosial asosiatif dan proses sosial disasosiatif.

    BalasHapus