Senin, 07 September 2020

GLOBALISASI DAN PERUBAHAN KOMUNITAS LOKAL

Pertemuan ke 4
Kelas 12 IPS 1.2.3
Materi

       PERMASALAHAN  SOSIAL YANG TIMBUL AKIBAT PERUBAHAN SOSIAL KARENA
       PENGARUH  GLOBALISASI

 
Jika digolongkan, permasalahan sosial yang disebabkan oleh globalisasi bisa dibagi menjadi dua, yaitu kenakalan remaja dan kriminalitas.

Kenakalan Remaja

Permasalah sosial pertama yang muncul sebagai akibat globalisasi adalah kenakalan remaja. Kenakalan remaja bisa didefinisikan sebagai penyelewengan nilai dan norma yang dilakukan oleh seorang remaja dalam aturan yang berlaku di masyarakat. Beberapa faktornya bisa disebabkan baik oleh keadaan psikologis maupun lingkungan.


Masa remaja adalah proses mencari jati diri, sehingga tidak jarang anak muda merasa perlu  untuk mencoba hal-hal baru. Lingkungan juga berperan dalam membentuk pribadi. Jika orang-orang atau teman-teman di sekitar melakukan hal yang buruk, bukannya tidak mungkin mereka bisa melakukan hal yang sama.

Beberapa contoh kenakalan yang umum dilakukan remaja adalah tawuran, seks bebas, dan penyalahgunaan obat-obatan. Tawuran sering dilakukan antarsekolah dan biasanya pelakunya hanya meniru senior-senior yang telah melakukan itu sebelumnya. Sama seperti penyalahgunaan narkoba yang sering dipicu oleh orang-orang di sekitar, termasuk teman sendiri.

Kriminalitas

Permasalahan sosial lainnya yang muncul sebagai akibat globalisasi adalah kriminalitas. Kriminalitas sendiri memiliki arti sebagai kejahatan atau tindakan yang melanggar nilai dan norma. Kriminalitas terbagi menjadi empat kategori, yaitu kejahatan tanpa korban, kejahatan terorganisasi, kejahatan kerah putih, dan kejahatan korporasi.
Kejahatan tanpa korban adalah pelanggaran hukum tanpa menimbulkan korban jiwa, contohnya penipuan. Sementara itu, kejahatan terorganisasi adalah kejahatan yang direncanakan secara matang dan menimbulkan korban jiwa, salah satu contohnya adalah perampokan bersenjata.

Kejahatan kerah putih adalah pelanggaran oleh pejabat pemerintah, salah satunya adalah tindak korupsi. Sementara kejahatan korporasi adalah kejahatan yang dilakukan oleh orang berstatus sosial tinggi dan memanfaatkan jabatan, contohnya adalah penggelapan pajak.
Beberapa faktor yang mendorong orang melakukan tindak kriminal adalah kemiskinan. Pelaku tindak kriminal sering kali terpaksa melanggar hukum untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, adanya kesempatan juga menjadi faktor orang melakukan tindak kriminal



4 komentar:

  1. MasyaAllah, jazakillah Khoiron ibu materinya, Sangat mudah dipahami, apalagi disaat daring seperti ini, materi yang ibu berikan bisa menambah wawasan kita semua, penjelasan materi yang ibu berikan sangat lengkap dan terinci, jazakillah Khoiron ibu
    #Anzela Hayatun Nuffus

    BalasHapus
  2. Masya Allah ibu ,jazakillah materibya🙌

    BalasHapus
  3. Terimakasih ibu materi nya mudah dipahami dan bisa menambah wawasan kita

    BalasHapus
  4. Terimakasih bu atas materinya, sangat bermanfaat

    BalasHapus