Kelas 11 IPS 2
Materi
K1
KI -3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi-pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait mpenyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-3 : dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
Kompetensi Dasar
:
3.1.Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis
.4.1 Menalar
tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan
Sosiologis
Indikator :
3.1.1 Menjelaskan
pengertian kelompok sosial
3.1.2 Mengamati proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat
3.1.3 Mengidentifikasi
Dasar-dasar pembentukan kelompok
3.1.4 Mengidentifikasi
Berbagai bentuk kelompok
kepentingan dimasyarakat
3.1.5 Mengidentifikasi
jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat
3.1.6 Menganalisis Karakteristik khusus atau
partikularisme dan eksklusivisme
kelompok
4.1.1 Mengasosiasikan
Terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat.
4.1.2 Mendiskusikan tentang
terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan
Sosiologis
4.1.3 Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial
Tujuan Pembelajaran
: diharapkan Siswa mampu :
1.
Mengidentifikasi masalah
(problem statement ) tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat
2.
Mengumpulkan data (data
collection) tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat
3.
Memproses data (data
processing) tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat
4.
Membuktikan data
(verification) tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat
5.
Menarik kesimpulan
(genelarizatio) tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat
Macam
kelompok sosial
Sekolah merupakan
salah satu contoh kelompok sosial
Robert Bierstedt,
kelompok memiliki banyak jenis dan dibedakan berdasarkan ada tidaknya
organisasi, hubungan sosial antara kelompok, dan kesadaran jenis. Bierstedt
kemudian membagi kelompok menjadi empat macam:
- Kelompok statistik, yaitu kelompok yang bukan organisasi, tidak memiliki hubungan sosial dan kesadaran jenis di antaranya. Contoh: Kelompok penduduk usia 10-15 tahun di sebuah kecamatan.
- Kelompok kemasyarakatan, yaitu kelompk yang memiliki persamaan tetapi tidak mempunyai organisasi dan hubungan sosial di antara anggotanya.
- Kelompok sosial, yaitu kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi. Contoh: Kelompok pertemuan, kerabat.
- Kelompok asosiasi, yaitu kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan ada persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama. Dalam asosiasi, para anggotanya melakukan hubungan sosial, kontak dan komunikasi, serta memiliki ikatan organisasi formal. Contoh: Negara, sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar